07
Jan
11

Uniknya matematika

Uniknya Matematika


kita tahu matematika sudah terkesan ngeri/rumit dan menuh-menuhin kapasitas otak kita saja,,apalagi ngeliat angka n rumus-rumusnya,,waduuuuuuuuh tambah pusiiiiing…….

But,,dibalik itu semua ternyata matematika mempunyai sisi unik yang mungkin kita tidak sadar akan hal itu,,di postingan ne,,saya akan menunjukan ke_Unikan matematika dalam hal operasinya, dalam perkalian dan pembagian,,.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Dalam opersai-operasinya

    Disini terdapat keunikan yang mungkin belum pernah kita lihat (bagi yang sudah diem ja ya,,hehehee)

    • Penjumlahan unik

       

 

 

 

  • Kedua bilangan yang berurutan dan saling bertanda kuadrat jika dikurangkan, maka hasilnya sama dengan penjumlahan kedua bilangan tersebut tanpa memperhatikan kuadratnya.

     

    32-22 = 3 + 2
    62-52 = 6 + 5,

    Dan kawan-kawannya,,

  • Angka 15.873 jika dikalikan dengan 7 dan kelipatannya, hasilnya akan unik.

    15873 x 7 = 111111
    15873 x 14 = 222222
    15873 x 21 = 333333
    15873 x 28 = 444444
    15873 x 35 = 555555; dst

(http://www.dodoardiles.co.cc/2010/05/berbicara-tentang-matematika-kali-ini.html)

 

  • Dalam perkalian

    Disini saya menemukan beberapa ke_Unikan cara memperoleh hasil perkalian,,

    • Neh perkalian pertama yang saya temuin

      Sebelumnya mau ngasi tau dulu neh,,perkalian model ne hanya berlaku untuk perkalian belasan ja(10-19),,

      Langsung ja,,menuju ke TKP,,.

      Trik-triknya sebagai berikut:

      Gene neh model umum perkaliannya 1a x 1b,,dimana a dan b tu dari 0 sampai 9,,.

  1. Langkah awalny,,jumlahkan satuan (b) dengan bilangan di sebelahnya(1a),,ne jadi bilangan ratusan n puluhannya,,.Kita ambil contoh 13 x 12,,Berarti 2 + 13 = 15
  2. Langkah terakhir sesama satuan dikali,,

    Berarti 3 x 2 = 6,,ne jadi satuannya,,Hasil perkalian ne adalah 156,,.


     

     

     

  • Neh perkalian kedua

    Perkalian kedua ne berlaku jika selain satuannya bilangan yang lainnya sama,,maksudnya puluhan dan ratusannya sama),,dan jumlah satuannya harus 10,,Ne bentuk umumnya,, XXa x XXb dimana X,a dan b bilangan asli dan a + b = 10,,.Saya ambil contoh 56 x 54,,ne triknya brada :

  1. Kalikan puluhannya dengan bilangan setelahnya dalam urutan bilangan asli,,disini puluhannya 5 berarti 5 dikalikan dengan 6,,ne jadi bilangan bukan satuan n puluhannya,,.


  2. Satuannya dikali,, 4 x 6 = 24,,hasil akhir perkalian ne 3024,,.


     

  • Neh perkalian ketiga

    Ne berlaku untuk semua brada,,

    Disini saya ambil contoh 123 x 32,,neeh triknya,,Unik,, :

  1. Kita bentuk perkalian ne seperti pada gambar dibawah ne,,:

     



     

     

     

     

     


     

     

     

     

     

     

  2. Di jumlahin deh bilangan yang da dalem kotak-kotak kecil tu,,

     


     

     


     

     

     

     

  • Neh perkalian keempat

    Yang terakhir ne saya pkir pling mudah,,disni kita hanya pke garis-garis ja,,

    Untuk lebih jelasnya,,langsung ke TKP :

    322 x 214,,neh saya ambil soal sebarang,,he

    Triknya begini brada,,:

    322 x 214

     


     

     

     

     

    Jumlahkan setiap pertemuan antar garis,,seperti pada gambar,,.


     

     

     

     

     

     

     

     


     

    Setelah semua selesai di jumlahkan,,aturannya sama seperti penjumlahan biasa,,karena dkotak kuning bernilai 10 jadi angka 1 nya berpindah k lingkaran merah,,dlingkaran merah menjadi 19,,begitu seterusnya,,.


     

     

    Jadi,,hasil perkaliannya adalah 68908,,.

     

  • Dalam pembagian

    Dalam pembagian ne saya hanya mendapat ke_Unikan pada pembagian oleh angka 9,,.

    Saya ambil contoh 221013 dibagi 9,,Kalu secara manual ne lmyan lamadiselesaikan,,but,,da trik untuk membantu,,Neh tak bocorin triknya,,.221013 dibagi 9

    Hasilnya 24557,,nah lo kok bisa langsung gene ya jawabannya,,,hehe

    Neh langka-langkahnya,,:


     

     

     

     

    Angka pertama selalu tetap,,dalam contoh ne adalah 2,,tanda panah berarti dijumlahkan,,2 + 2 = 4; 4 + 1 = 5;

    5 + 0 = 5; 5 + 1 = 6,,untuk 6 + 3 = 9 tidak langsung dituliskanakan tetapi penjumlahan yang terakhir tu dibagi dengan 9,,

    9 dibagi 9 = 1,,hasilnya ne ditambahkan ke digit terakhir yaitu 6 + 1 = 7,,

    Sehingga hasil akhirnya adalah 24557,,.

     

    Yah sampe disni ke_Unikan yang saya temukan selama surfing didunia maya,,hehe

    Oya,,bagi temen2 yang pengen ngeliat videonya tentang ke_Unikan perkalian n pembagian ne,,dapat kalian liat d akun FB saya,,boris bertynegara milanisti neh kalau emang berminat ngeliat videonya,,

     

Sebelum berakhir tilisan ne,,saya mau kasi temen2 tebak2an neh,,

Ambil 1000 dan tambahkan 40 padanya. Sekarang tambahkan 1000 lagi. Sekarang tambahkan 30 . !

Tambahkan 1000 lagi . Sekarang tambahkan 20. Sekarang tambahkan 1000

Sekarang tambahkan 10 . Berapa totalnya?

Hayooooooo jawab kalau bisa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

 

by : Borisman Bertinegara / GID 007 010


56 Responses to “Uniknya matematika”


  1. 1 Lalu Masyhudi
    January 7, 2011 at 11:22 pm

    bole….boleh….

  2. 2 indobarca
    January 7, 2011 at 11:46 pm

    mantap ne,,
    ternyta mtk ada uniknya jg ya,,..

  3. January 8, 2011 at 12:38 am

    mantep gan,,, jadinya nambah ilmu… mayan pejwan

  4. January 8, 2011 at 6:48 am

    Mantap gan,kembangkan!!dapet sumber darimana ne?

  5. 6 boris (miLanisti)
    January 8, 2011 at 6:54 am

    ane dpet dri mbah google gan,,
    yg perkalian ny ane dpet video ny d youtube,,
    loq mw liat da d fb ane gan,,

  6. January 8, 2011 at 7:32 am

    lah..
    Matematika sejati jamak kk ne..
    Aog aneh..
    Hhoho…🙂

  7. 9 Rika
    January 8, 2011 at 7:39 am

    Saya komen aja yaaa…
    lupa password.. hahahaaaa…
    tingkatkan risss… :))

  8. January 8, 2011 at 9:21 am

    Beeeeeee…………
    Hebaat…!!
    Kalah gerak Jo-Sandy isiqn.
    Cocok dijadikan refrensi,
    payu ane like jarin.

  9. January 8, 2011 at 10:07 am

    hmmmmm…. matematika memang uniik..🙂

  10. 12 Tri Hastuti
    January 8, 2011 at 12:58 pm

    Waaaaaaaaahhhhhhh….. keren banget….. baru nyadar kalo matematika itu unik.. jadi tertarik belajar ni….
    makasi ya….(^_^)

  11. 14 ezar
    January 8, 2011 at 3:54 pm

    behhhhhhhhhhhhhh bgus wah hep, kmbangkan lemak q berajah rumus infus n perhitungan dosis obat,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  12. 16 boris (miLanisti)
    January 8, 2011 at 4:27 pm

    math tu mang unik,,
    mkasi yg udh like..

  13. 17 mayamathica
    January 8, 2011 at 9:55 pm

    jd ap jawabannya?

  14. 18 tia
    January 9, 2011 at 12:28 am

    lupa pasword,,hehe…

    like lewat sini aja dah… :))

  15. 19 boris (miLanisti)
    January 9, 2011 at 1:18 am

    tebak dong,,nma ny tebak2n,,
    alsan ja kw mbem,,XD

  16. 20 moy
    January 9, 2011 at 11:10 am

    wow,,,,,smart,,,,,ga nyangka matematika punya bnayk jalan nemuin sesuatu yang ga kepikiran ma otak…hohohoho

  17. 21 mamika
    January 9, 2011 at 11:23 am

    good job.. I like it!

  18. 23 sry math_06
    January 9, 2011 at 11:43 am

    mmmmmm……

    matematika emang jago…
    smoga dengan tu,,, tak da yg merasa takut dengan yg namax MATEMATIKA

    matematika emang lucu n unik
    seperti mahasiswa2x,,,

  19. 24 milanisti
    January 9, 2011 at 11:47 am

    bkan mhasiswa ny tp dsen2 ny jg lucu n unik,,hehehe
    d like jg dong bu’..:)

  20. 25 rijal portal
    January 9, 2011 at 11:57 am

    mantap mantap

  21. 26 rijal
    January 9, 2011 at 11:58 am

    bagus bagus..emang dah anak math ne..ada2 ajak..hehehe

  22. 27 milanisti
    January 9, 2011 at 12:10 pm

    math mang mntap gan,,
    ank math mang da jank,,

  23. 28 Rna Aprilyanti
    January 10, 2011 at 6:50 am

    mantaap..!! ternyata unik jg..gk bosen bwt d pelajari..

  24. 29 milanisti
    January 10, 2011 at 6:53 am

    kdang mmbosankan kdang mnyenangkan,,he

  25. 30 indah_asti
    January 10, 2011 at 10:32 am

    bagus..bagus…walaupun rada2 kagak ngarti…

    tapi bisa nambah pngetahuan dah ^^

  26. 31 denydatogar
    January 10, 2011 at 5:06 pm

    ris belum ane baca,, tapi asal udah ane like aja tu…
    bayar 5rb maeh😄

  27. 36 kurniwa07
    January 11, 2011 at 4:45 am

    bermanfaat cuy

  28. 37 milanisti
    January 11, 2011 at 4:53 am

    justru ane nydok mgan lmak lek bale nte,,,:0
    math brmanfaat d sgala bdang gan,,

  29. 40 irwan
    January 11, 2011 at 10:15 am

    baggggggggggguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussssssssssss

  30. 41 meyda90
    January 11, 2011 at 10:55 am

    maTemaTika gt lhOwh…xiixiixii…^^,

    (nii,,uda mE cmment kaKak boRiiiiiiiisss)
    hohohohooo…

  31. January 12, 2011 at 4:51 am

    oiii.. uah ane like ne… malik pinak blog baru cm jari like sde pade… maeh bayah nani..😄

  32. 45 am08
    January 12, 2011 at 1:14 pm

    mantap,mantap,.🙂

  33. 46 aim08
    January 12, 2011 at 1:17 pm

    bagus bgt,.🙂

  34. 47 niska
    January 13, 2011 at 9:42 am

    menurut gue sich,,,biasa2 ja,,inget pick controlnya truss baju yang u pake kesannya jadul banget,,kalo u lolos minggu depan tolong diperhatin lagi yew…
    but over that i like it,,,
    GOD job

    rianty cathright

  35. January 14, 2011 at 12:38 pm

    bagus, cuma masih bagusan punya wiwin…he he

  36. 51 dara puspita anggraeni
    January 19, 2011 at 10:13 am

    keren2…tapi…
    fungsi kt tau keunikanx appa yak.. ??
    hee

  37. May 13, 2013 at 1:03 am

    With this step, then everything that you
    here. I have completed my very first day of adding CLA and
    Green pure green coffee bean extract 800 mg
    Now! At the same time, prescription pure green coffee bean
    extract 800 mg are proven useful, some of these Ardyss International products.
    People have thought so for many years now. Second is
    the level of bad cholesterol and raises good cholesterol. Beta
    cells burn fat in overweight and average-weight people.

  38. January 6, 2014 at 11:30 pm

    Howdy! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok.
    I’m undoubtedly enjoying your blog and look forward to new updates.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


1_502554913l

Current CO2 Level in the Atmosphere

yang sudah mampir

  • 200,745 gamatika-ers

Kategori Tulisan

No Smoking

Lagi Online

Arsip

January 2011
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d bloggers like this: