Mathematics in Batik Fractal

 

Tenyata pada batik ada unsur matematika-nya loh !!!!

Baca yuuukk……

 

Batik ternyata tidak selalu berkaitan dengan seni tradisional. Selama ini kita hanya mengenal batik tulis dan batik cap dengan proses pengerjaan murni buatan tangan.
Ternyata, dengan hitungan matematika motif batik dapat dibuat dengan mudah lewat komputer. Hasilnya, motif batik dapat dibuat dengan waktu yang relatif cepat dan mudah diperbanyak. Selain bisa diaplikasikan di selembar kain, motif batik ini juga bisa diaplikasikan di media kayu dan akrilik.

batik Fraktal adalah batik yang sentuhan desainnya (corak dan ragam hiasnya) dibuat dengan rumus-rumus matematika yang dikerjakan dengan teknologi komputer”.

Batik fraktal ini merupakan hasil penelitian dari sebuah kelompok riset desain asal Institute Teknologi bandung (ITB) bernama Pixel People Projeck (Muhammad Lukman, Nancy Margried Panjaitan, dan Yun hariadi).

Dari penelitian tersebut, ternyata batik memang fraktal. Pengujian Transformasi Fourier menunjukkan dimensi motif batik adalah bilangan pecahan sesuai dengan karakter fraktal. Pada motif-motif batik dari Solo dan Yogyakarta, dimensinya konsisten pada angka 1,5. Batik pesisir, seperti Cirebon dan Pekalongan dimensinya lebih variatif, lebih dekat ke bilangan bulat 1, 2, atau 3.

 

Dalam pembuatan desain batik Fraktal, hal pertama yang dilakukan adalah mengukur DNA batik (mengukur keteraturan motif dan ciri khas batik dengan menggunakan alat yang disebut Dimensi Fraktal). Hasil pengukuran tersebut selanjutnya disebut DNA batik. Motif batik   tersebut ditransformasikan dalam rumus matematika fraktal dengan bahasa L-System. Rumus tersebut kemudian dimodifikasi dengan mengubah parameter-parameternya sehingga menghasilkan rumus yang lebih kompleks dan rumit.  Selanjutnya, rumus tersebut diolah dengan program JBatik, sebuah aplikasi yang dibangun dengan basis open source software. Rumus ini akan menghasilkan gambar motif batik yang berbeda dari motif asli.

Pada dasarnya, konsep fraktal-jejaknya bisa dirunut hingga Gottfried Wilhelm Leibniz, matematikawan Jerman abad ke-17-berakar pada teori matematika. Fraktal berasal dari kata Latin, fractus, yang berarti pecahan. Pada benda, karakteristik fraktal dicirikan oleh adanya self-similarity. Obyek fraktal tersusun dari komponen lebih kecil yang bentuknya sama dan diulang-ulang.

Terdapat 3 tipe pola fraktal yang secara komputasional dapat menjadi bentuk motif batik fraktal generatif, yakni:

  1. beberapa jenis fraktal yang dikustomisasi sedemikian sehingga memiliki pola tertentu dapat didesain sebagai inspirasi atas konstruksi desain batik. Kustomisasi dapat dilakukan atas aturan-aturan iteratifnya, modifikasi pada bentuk pencorakan warna, dan sebagainya.

  2. Hibrida Fraktal Batik

    Pola-pola dari fraktal dapat digunakan sebagai pola model utama dari ornamentasi dan dasar dekorasi bersama-sama dengan isen (motif kecil-kecil pada batik yang mengisi bentuk lebih besar) original dari motif dasar batik dan sebaliknya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan secara komputasional apa yang merupakan motif batik tradisional dengan hasil adaptasi sedemikian dari fraktal non-batik. Modus disain ini menggabungkan secara estetik pola fraktal yang dilahirkan secara komputasional dan apa yang dilahirkan melalui tradisi budaya batik yang luas dikenal.

  3. Batik Inovasi Fraktal

    Merupakan bentuk implementasi dari gambar dengan pola tertentu atau acak dengan menggunakan bentuk-bentuk teselasi iteratif atau algoritma pengisian dari ornamentasi batik yang asli sebagai isen atau pola batik yang telah dikenal secara tradisional. Hal ini dapat dilakukan dengan ekstraksi motif dasar dari ornamentasi batik yang kemudian di-iterasi ulang dengan menggunakan pseudo-algoritma batik yang telah dikenal.

Sumber :

http://netsains.com/2009/10/proses-pembuatan-batik-fractal-vs-batik-tradisional/

http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2008/12/01/TI/mbm.20081201.TI128869.id.html

 

By : Mikhratunnisa (G1D007028)

FMIPA-MATEMATIKA

UNRAM

44 comments

  1. indonesia and matematika banget….
    gk usah kasi malysia pake batik ya…..
    krn orang malaysia gk suka matematika…wkwkwkwkwk

  2. Saya lupa password…
    sy coment aj yaa… 🙂
    jdikan skripsi ajaa.. hahahhh…
    tinggalkan fgsi transfer… :p

  3. fraktal…???
    Matematika memang mempunyai nilai seni yang tinggi.
    Matematika adalah seni.

    Geometri Fraktal

  4. kelebihan fraktal adalah selain ketidakteraturannya, fraktal juga dapat membaca ketidakteraturan itu mendekati sebuah pola, dalam hal ini seni.
    msh sdikit yg mndalami ilmu ini, namun interpretasinya bnyak sekali pada alam sekitar.
    good job irun!

  5. Hadeeehh…
    Udh byk yg komen toh,pdhl kmrn cm om yudi tok yg komen…
    Hehe…

    Gk gto ngerti fraktal,so no coment…
    Yg tq batik byk tuh dproduksi dsolo…

  6. hai….
    aq mw nanya,,,,
    tw alamat perusahaan yang ada batik fraktal nya itu gak???
    yang di kota Yogya atau Solo juga boleh,,,
    soal nya mw studi industri ke sanah,,,
    makasih yah atas info nya,,,,, n_n

  7. It’s remarkable to pay a visit this site and reading the
    views of all mates concerning this article, while I am also eager of getting familiarity.

Tinggalkan komentar