Mengirim Tugas Dosen via Hape

Bagaimana jika kamu diminta mengirim file tugas (atau file dokumen lainnya) tapi kamu sedang berada di didaerah yang kamu tidak tahu dimana mendapatkan akses internet (atau mungkin tidak ada akses internet)??? Atau kamu ga punya cukup uang untuk ke warnet??? Nah solusi terbaik adalah menggunakan hapemu untuk mengirim file tersebut!!

Oke cara ini bagi saya sangat cepat, murah dan mudah. Cepat karena proses sending-nya jauh lebih cepat ketimbang kamu mengirim email secara konvensional (bahkan saat ponselmu cuma dalam GPRS mode saja)! Murah karena biaya pengiriman email jauh lebih murah ketimbang biaya speedy, warnet apalagi telkomnet instan (cuma Rp.80 saja untuk mengirim file yang dicontohkan disini) ! Mudah karena emang mudah caranya….

Tentu saja kamu musti mempunya email dan telah tersetting di hapemu (cara setting email di hape baca artikel ini: Email Dalam Genggaman), oke…., mari kita bahas langkah-langkahnya

MEMINDAHKAN FILE DOKUMEN DARI LAPTOP KE HAPE

Sambungkan laptop/PCmu dengan hapemu menggunakan kabel data (pakai bluetooth juga bisa tapi tidak dibahas disini), lalu pilih jenis hubungannya, bisa PC Suite Mode atau Data Transfer…., disini hanya dibahas menggunakan mode Data Transfer (mode Flashdisk), jadi saya pilih data transfer seperti gambar dibawah.

Tunggu beberapa saat sampai ponselmu terhubung layaknya flashdisk (jika pertama kali melakukan hal ini tentu agak lama nunggunya), setelah muncul nama memory cardmu, copy file yang hendak kamu kirim seperti pada gambar dibawah

Nah paste file tersebut disalah satu folder memory cardmu (disini nama memory card saya “Kamia”), saya mempaste file tersebut di folder other.

Nah file dokumen tersebut sudah ada di folder other seperti gambar dibawah, sekarang kamu bisa diskonek hapemu dari laptop/PCmu.

MENGIRIM FILE DOKUMEN

Sekarang ke message di hapemu seperti gambar dibawah, lalu pilih new message lalu pilih email.



Kemudian masukkan alamat tujuan emailmu di “To”, masukkan juga judul emailmu di “Subject”.

Untuk memasukkan file dokumen tadi, pilih option lalu pilih insert seperti gambar dibawah


Kemudian pilih insert other seperti gambar dikiri bawah lalu pilih other file di gambar kanan bawah



Kemudian pilih memory “kamia” dimana file tadi disimpan, kemudian lanjutkan ke folder “other”.



Dalam folder itu ada beberapa file, pilih file dokumen yang kamu ingin kirim, dalam kasus ini adalah file “poster sosialisasi.doc”

Setelah itu pilih select maka di draft email kamu tadi tampak simbol attachmnet (lampiran) beserta sepenggal informasi file tadi.

Kamu bisa sedikit menambahkan keterangan di email kamu ini

Setelah semua siap untuk dikirim, kamu pilih option lalu pilih send.

Tinggal kamu tungu proses pengirimannya

Oke sekarang kamu tentunya sudah siap untuk mempraktekannya….

Selamat Mencoba !!

2 comments

Tinggalkan komentar