29
Mar
11

KRIPTOGRAFI

Pernah mendengar istilah kriptografi?

Yup, kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan informasi.

Ada dua metode kriptografi sederhana, yaitu metode Caesar dan metode Vigenère. Keduanya tergolong ke dalam metode substitusi.

 

METODE CAESAR
Masingmasing huruf dari teks asli (plaintext) digantikan dengan huruf-huruf dari alfabet yang yang urutannya telah digeser terhadap suatu angka.  Biasanya metode ini menggunakan pergeseran 3 (tiga) huruf.

Contoh.
Plaintext:   BELAJAR   MATEMATIKA
Chipertext: EHODMDU  PDWHPDWLND

Nah, proses mengubah plaintext menjadi chipertext disebut enkripsi. Sebaliknya disebut dekripsi, yaitu mengubah chipertext menjadi plaintext.

 

METODE VIGÈNERE
Sama seperti metode Caesar, hanya saja metode ini mempunyai kata kunci.

Contoh.
Kata kunci : INA
Plaintext : BELAJAR MATEMATIKA

Langkah selanjutnya adalah menyusun kata kunci seperti di bawah ini:
I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H
N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H I J K L M
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

atau lebih mudahnya menggunakan tabel berikut ini

Sehingga nilai  B dengan pergeseran I adalah J. Nilai E dengan pergeseran N adalah R. Nilai L dengan pergeseran A adalah L. Nilai A dengan pergeseran I adalah I, dan seterusnya sampai A dengan pergeseran N adalah N.

Chipertext : JRLIWAZ  ZABRMIGISN

Menarik kaaaan!?

 

Nah, ternyata program linier yang kita pelajari sejak SMP dulu juga bisa diterapkan dalam METODE CAESAR.

ci = pi + k         —->            y= ax + b

dengan ci = abjad chipertext ; pi = abjad plaintext ; k = konstanta pergeseran, k≠0

Tapi, perlu diingat bahwa konstanta a pada persaman y = ax + b harus bernilai ganjil. Apabila nilai konstanta a genap maka proses enkripsi maupun dekripsi akan mengalami hambatan karena memiliki makna ganda. Tentu nya hal ini tidak hanya menyulitkan orang-orang yang tidak berkepentingan yang ingin mengetahu isi informasi, tapi juga akan menyulitkan pengguna informasi tersebut. Sedangkan untuk konstanta b boleh angka ganjil ataupun genap.

Contoh.
y = (x + 4) mod 26
Plaintext  :  ASYIKNYA KRIPTOGRAFI

Hal pertama yang harus kita lakukan baik untuk proses enkripsi maupun dekripsi adalah membuat tabel substitusinya.

Perhatikan
Huruf      –>     Angka
A            –>        0
B            –>         1
.
.
Z            –>        25

kemudian disubstitusikan ke persamaan y =( x + 4) mod 26
untuk huruf A,    y = x + 4 = 0 + 4 = 4 –> D
untuk huruf  B,    y = x + 4 = 1 + 4 = 5 –> E
dst.

diperoleh hasil substitusi seperti berikut

A            –>        D
B            –>        E
C            –>        F
D            –>        G
E            –>        H
F            –>        I
G            –>        J
H            –>       K
I             –>        L
J            –>        M
K            –>       N
L            –>       O
M            –>      P
N            –>       Q
O            –>       R
P            –>       S
Q            –>       T
R            –>       U
S            –>        V
T            –>        W
U            –>       X
V            –>       Y
W            –>      Z
X            –>       A
Y            –>       B
Z            –>        C

sehingga proses enkripsi bisa dilakukan dan diperoleh
Chipertext  :  DVBFNQBD  NULSWRJUDIL

 

Mudah dan seru bukaaan!? Ayooo coba dengan temanmu.

Kamu bisa mengungkapkan isi hatimu pada seseorang tanpa diketahui oleh orang lain selain si doi, walopun lewat jejaring sosial. Asyik kaan.

 

.:SELAMAT MENCOBA:.

 

 

 

 

HELMINA ANDRIANI
G1D 008 015


79 Responses to “KRIPTOGRAFI”


  1. 1 ajustsampah
    March 29, 2011 at 2:33 pm

    Masih gk ngerti istilahnya chipertext..apa tu??

  2. 3 aim
    March 29, 2011 at 2:49 pm

    mantap mantap hihihi

  3. 5 Tati_cute
    March 29, 2011 at 3:14 pm

    Ngerti dikit2lah…
    Hehe…

  4. 9 rierini
    March 29, 2011 at 4:14 pm

    I like it na,,,,dari dulu dh tertarik ma kriptografi sejak baca novelnya Dan Brown
    ”digital fortress” kalo ga slh y judulnya,,,,,he,,,
    keren bgt y klo bs nerjemahin sandi2 yg rumit yg berkaitan ma agen rhsia gtu,,,,bwt ngirim sandi ma seseorang yg ga pengen diketahui publik jg bagus bgt,,,,so we can keep our privacy,,,,,
    ^_^

    • 10 eena
      March 29, 2011 at 4:21 pm

      hehehe
      iyaaa rin, seruuu kaaaann
      sy juga lupa judul nya tu novel. tapi setuju tu novel emank seruuuu
      hehehe.. pengen baca lagii🙂

      • 11 ronny.iboy
        March 30, 2011 at 4:55 am

        binggung😦

      • March 30, 2011 at 1:45 pm

        @roni
        intinyaaa…
        ngerubah kata2 jadi kayak huruf acak gitu ron,,,
        tapi ngacak nya gak sembarangan.
        misal saya pake pergeseran 3 huruf..
        maka A diganti D, B diganti E,, dst sampe Z diganti C

        misalnya saya punya kalimat
        MAKASI RONI

        diubah jadi
        PDNDVL URQL

        gitu ronnn

  5. 13 mayamathica
    March 29, 2011 at 11:18 pm

    hmmm,jd ada yg nembak ina pke chipertext iyaaa???ckckck,anak muda…

  6. 17 wewet
    March 29, 2011 at 11:32 pm

    neeh . kok saya ndaq ngertii ia . hmmm

  7. 19 luz
    March 30, 2011 at 5:04 am

    saya di suruh coment sama ina, di paksa lge! ckckck
    Kyany digital fortressny dan brown..

  8. 25 tinz08
    March 30, 2011 at 6:40 am

    udah di cari yang di tanyain ma dayat tuh..???
    hahaaaahaaaaaa…..

  9. March 30, 2011 at 6:50 am

    kriptografi y??
    tapi perasaan ne yang klasik dah na..

    kapan-kapan buat yang modern y..😀

  10. 30 boris (miLanisti)
    March 30, 2011 at 8:50 am

    kereeeen,,,
    pgen ada mta kul khusus ttg ini tp kpn mngkin ada ny,,,,hehe

  11. March 30, 2011 at 9:20 am

    weleh ketemu ma iseng2nya kasisar chiper lagi, hehehehehehe………..
    yang pengen nyoba tapi gak mau mikir ane nyumbang program sederhananya ^_^
    silahkan d unduh -> http://www.4shared.com/file/MEkW-pB3/Siimpel_enkripsi-dekripsi.html

  12. 34 trisna
    March 30, 2011 at 1:52 pm

    bagus na😀
    andaikan sy ngerti..

    tp kyknya susah nangkep skrang otak sy ma yg gini2..

  13. 36 soekardi
    March 30, 2011 at 2:02 pm

    mantabb…
    akan lebih mantab lgi kalo bsa kasih metode baru n hsil sndiri..
    metode bang caesar kan metode lama..hee

  14. 38 Tati_cute
    March 30, 2011 at 3:18 pm

    Bsk mb ngelike yah…
    Kpn bts terakhirx?

  15. 40 Mulyawan,,,
    March 31, 2011 at 12:46 am

    Seru bgt ni,,,
    Gmn kalo di METODE VIGÈNERE, kata kuncinya yang dipake adalah “LOMBOK”?
    Gmn penerima kode sandi melakukan dekripsinya?

    • 41 eena
      March 31, 2011 at 8:52 am

      dekripsi dpt dilakukan dengan menggunakan rumus Pi = (Ci-Ki) mod 26.
      dimana Pi(karakter plaintext), Ci(karakter chipertext), Ki(karakter kunci)
      jika huruf A-Z dianggap sebagai angka 0-25 dg modulo 26,
      misalkan
      chipertext: MSMVHSQIX
      kata kunci: LOMBOKLOM
      diperoleh
      plaintext : BEAUTIFUL 🙂

  16. 42 devi
    March 31, 2011 at 12:52 am

    baguus naa…🙂

  17. 44 123nyren
    March 31, 2011 at 9:01 am

    Uda dipresentasikan ma na,,jd lumayan ngerti…
    ndak qt dtraktir uda nanya kmren na,,,huaha…
    ngarep…

  18. 46 ucie
    March 31, 2011 at 9:26 am

    sokk atuh…dilanjutin ajah bahasannya jadi skripsi dek..
    pasti pa amrullah dengan senang hati akan menerimamoe..hehe…

  19. March 31, 2011 at 12:02 pm

    wih kren,,,, kriptografi penuh dengan teka-teki,,, ada pembahasan tentang MD5 gak???

  20. 52 maniskali
    April 1, 2011 at 4:36 am

    tugas apaan lagi neyyyy?????
    di suru pak adit kah?

  21. April 1, 2011 at 4:48 am

    udah mb like…
    traktiran ojo lali…
    :p

  22. 56 mimin
    April 2, 2011 at 4:12 am

    hmmmmmm,,, bgus,,,

  23. April 4, 2011 at 12:50 am

    saran ato tmbahan dari sy na,,
    jgn lupa mod 26 nya,, krn jumlah alfabetnya itu 26,,
    sehingga menjadi y=(x+4) mod 26,,
    dan untuk penomeran Z=26 ganti sma Z=0, karena untuk x=24, kita dapatkan y=26 mod 26 = 0 –>Z

  24. 60 Rudy
    April 4, 2011 at 7:18 am

    Kata kunci : UDIN

    Chipertext : MHLRLKIAU WICC PMAUUQX

  25. 61 eena
    April 5, 2011 at 5:05 am

    hmmm….
    maksudnya????

  26. April 5, 2011 at 5:47 am

    aku binguuung….
    mungkin gara2 gk baca dengan detail ya…hehehee

  27. April 5, 2011 at 9:02 am

    gak ngerti na…..hehehehehehe
    bukan bidang auw

  28. 66 Awaluddin Jamil
    April 9, 2011 at 2:50 am

    wahhhhhhhhhhhhhhhhh…
    ndak ngerti saya kalo baca, ajarin maeh…
    ntar tak bayar pake cilok,,,

  29. 68 husnia Pho
    April 12, 2011 at 8:28 am

    ngirim surat cinta pake’ kriptografi,
    eeehhh.. malah yg dikirimin gk ngerti…
    hihihiihii😀

  30. 70 meyda90
    April 13, 2011 at 10:40 am

    aiiisssLaaaaaaaah….prikiteew…^^,

  31. April 27, 2011 at 2:34 am

    kalo kata kuncinya IJANG , chiper textnya jadi pa na?????????

  32. April 27, 2011 at 4:42 am

    tergantung kalimatnya ron,,,
    selanjutnya, ikuti langkah d atas.🙂

  33. April 30, 2011 at 11:33 am

    nyambung ma komputasi ya na…
    bsok ane minta diajarin ya….

  34. 78 reinhard
    October 5, 2012 at 2:22 am

    kalo mengubah chipertext menjadi plaintext bisa ga? SESABI RTLH RIDU ZAEXAQ VE UM XEYI UQNI kata kuncinya RAHASIA ILAHI… Bls yaaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


1_502554913l

Current CO2 Level in the Atmosphere

yang sudah mampir

  • 200,745 gamatika-ers

Kategori Tulisan

No Smoking

Lagi Online

Arsip

March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d bloggers like this: