21
Jul
09

membuat ponsel pintar matematika

Mungkin belum banyak yang tau kalau ponselmu bisa mengerjakan banyak perhitungan matematika, bahkan bisa menyelesaikan persoalan matematika lebih cepat dari professor matematika. Sangat cocok jika kamu malas berhitung seperti saya (guru matematika yang aneh si adit ini, suka matematika tapi ga suka ngitung ???).

Nama aplikasi ini adalah Solution, aplikasi ini dibuat oleh Alexander Taboriskiy, Nadejda Baldina, Sergey Barheleyshvili, dan Dimitriy Kuznetsov.

Apa saja sih yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini? Mari kita bahas satu-satu.

Menggambar Grafik

Tampilan utamanya adalah seperti gambar diatas, jika kamu ingin memasukkan fungsi f(x), kamu tinggal tekan tombol tengah dpad ponselmu, maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah ini, tombol plot ditengah jendela berfungsi untuk menampilkan grafik fungsi yang telah kamu buat, tapi sebelumnya kamu buat dulu deh apa fungsinya dengan bantuan pilihan dibawah. Jangan lupa berikan batasan (kisaran) gambar grafik fungsi yang kamu ingin tampilkan di box Xmin, Ymin, Xmax dan Ymax.

Berikut tampilan grafik fungsi sin(x)

Grafik fungsi yang sulit seperti:

juga bisa loh

Oya grafik diatas mesti dituliskan dalam bentuk (sin(x))/(x^2) seperti di gambar dibawah ini ya sebelum di plot ya…., tanda “^” artinya pangkat

Kalkulator Sains

Ada fungsi kalkulator sainsnya juga nih…, misalkan kamu ingin mencari nilai log(2), bisa menggunakan fitur yang ini

Analisis Fungsi

Yang kerennya solution bisa mengerjakan beberapa masalah kalkulus seperti limit, turunan dan integral

Untuk limit tampilannya seperti ini…., kamu juga bisa menghitung limit di tak hingga dengan mengklik tombol tengah dpad mu di box x0, untuk memunculkan jawabannya jangan lupa klik tombol tengah dpadmu lalu klik “lim”

Untuk mencari turunan fungsi tampilannya seperti ini, jangan lupa untuk mendapatkan hasilnya klik tombol tengah dpadmu lalu klik “diff”

Untuk mencari turunan pada suatu titik tampilannya seperti ini, seperti sebelumnya, untuk mendapatkan jawaban mesti mengklik “diff”

Untuk integral tampilannya seperti ini, fitur ini punya kelemahan karena hanya bisa menghitung integral tentu suatu fungsi (selang mesti diberikan), tidak bisa menghitung integral tak tentu atau anti turunan

Matriks

Menghitung perkalian matriks atau mencari determinan atau bahkan mencari invers matriks adalah pekerjaan yang menjemukan (setidaknya bagi saya) karena banyak hitung-hitungannya (loh….., saya ini matematikawan tapi ga suka ngitung rupanya). Oleh karena itu fitur ini sangat berguna untuk menegrjakan pekerjaan membosankan tadi

Mencari Solusi

Ga kalah membantu…., bisa juga mencari akar polinom dan solusi persamaan linier

Untuk mencari akar polinom sayangnya hanya bisa satu-satu…., jadi kita masih perlu menebak dulu selang tempat akar berada.

Untuk mencari solusi SPL pun masih sangat terbatas kemampuannya, Cuma bisa mencari solusi SPL yang tunggal, untuk solusi banyak dan tanpa solusi maka akan muncul tanda error, termasuk keterbatasan tipe SPL yang jumlah persamaan dan variabel mesti sama

Fitur lain

Oya….., ada fitur konversi bilangan ke basis 2 atau basis lainnya loh…, cukup membantu, cuma sayang kemampuan konversinya hanya pada basis 2, 8 dan 16

Bagaimana? Cukup menarik kan aplikasinya….., jika kamu siswa sma jurusan IPA atau IPS pasti aplikasi ini bisa membantu, termasuk jika kamu mahasiswa tahun pertam atau kedua fakultas teknik, ekonomi, mipa, fkip dan beberapa fakultas lain.

Solution 1.03 (password rar: adit38)
Manual Solution:
http://www.math-solution.com/files/solution.pdf
Jika kesulitan/gagal menginstall mungkin ponselmu perlu di hack:
Tutorial Hack 1
Tutorial Hack 2


0 Responses to “membuat ponsel pintar matematika”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


1_502554913l

Current CO2 Level in the Atmosphere

yang sudah mampir

  • 200,745 gamatika-ers

Kategori Tulisan

No Smoking

Lagi Online

Arsip

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d bloggers like this: