05
Jan
11

Aplikasi Teori Graf Pada Games Kejelian Mata

Pernahkah kamu melihat icon di samping?

Apakah icon tersebut ada di komputer atau laptopmu???

Jika iya, kamu pasti sudah tahu program apakah yang akan muncul jika icon tersebut di-klik.


Gambar 1.

 

Ya, program yang akan muncul adalah sebuah games seperti pada gambar di atas. Games tersebut merupakan permainan yang lumayan membuat ketagihan banyak orang karena dibutuhkan kejelian mata dalam menyelesaikannya. Dan apabila gagal, pasti akan menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba menyelesaikannya lagi. =D

 

Tahukah kamu???

Games ini merupakan penerapan atau aplikasi dari matematika, lebih khususnya penerapan ” teori graf “. Aplikasi teori graf tersebut terdapat pada aturan main games ini.

Inti dari permainan ini adalah menghubungkan dua gambar yang sama. Namun, tidak semua gambar yang sama selalu bisa dihubungkan. Berikut adalah aturan main yang disediakan pada games tersebut.

 


Gambar 2.

 

Walaupun dijelaskan dengan bahasa mandarin, tetapi dengan memperhatikan gambarnya saja pasti sudah dapat diketahui bagaimana aturan mainnya.. =)

Aturan mainnya :

  1. Pilih dua gambar yang sama dengan cara meng- klik kedua gambar tersebut.
  2. Kedua gambar hanya dapat dihubungkan jika dapat dihubungkan dengan salah satu dari garis-garis yang terdapat pada gambar 2.
  3. Garis-garis tersebut hanya dapat melalui ruangan yang kosong (tidak terdapat gambar)
  4. Bila semua gambar sudah terpilih, maka akan masuk ke level selanjutnya dengan sedikit variasi dari level sebelumnya.

Apabila diperhatikan lebih baik lagi, ternyata aturan tersebut dapat dilihat melalui sudut pandang matematika, yaitu sudut pandang teori graf.

Namun sebelumnya harus dilakukan sedikit permisalan.

Pertama, kita misalkan tiap gambar pada game tersebut sebagai sebuah verteks dan garis yang menghubungkannya sebagai edge .

Kedua, kita juga perlu memisalkan dibagian luar gambar-gambar tersebut terdapat simpul-simpuln lainnya yang akan kita sebut dengan verteks semu .

Ketiga, tiap verteks dan verteks semu hanya bertetanggaan dengan simpul yang berada di kanan, kiri, atas, dan bawahnya saja, tetapi tidak bertetanggaan dengan simpul yang lainnya.

Maka dari permisalan diatas didapat graf berikut.

 


Graf 1.

 

Pada Graf 1. di atas, simpul yang berwarna merah merupakan gambar pada games tersebut. Sedangkan simpul yang berwarna hijau merupakan verteks semu seperti yang telah dijelaskan di atas. Dan garis hitam merupakan edge yang menghubungkan simpul pada graf tersebut.

Aturan main games tersebut jika dipandang melalui teori graf adalah sebagai berikut.

  1. Dua gambar ( verteks ) dapat dipilih untuk dihubungkan jika kedua gambar ( verteks ) tersebut bertetanggaan .
  2. Dua gambar ( verteks ) dapat dipilih untuk dihubungkan jika terdapat lintasan yang berawal dari gambar ( verteks ) yang pertama ke gambar ( verteks ) yang kedua dengan menggunakan maksimal 3(tiga) edge .
  3. Untuk syarat no 2., lintasan tersebut tidak boleh melalui gambar ( verteks ) lain selain dua gambar ( verteks ) yang akan dihubungkan, tetapi boleh melalui verteks semu , dan jika melalui lebih dari dua verteks semu maka verteks semu yang tidak bertetanggaan dengan gambar ( verteks ) yang dipilih akan diabaikan serta lintasan antara antar verteks-verteks semu yang bertetanggaan dianggap 1 (satu) edge . Perhatikan contoh berikut.

    Misal akan dihubungkan v 1 dengan v 2

    =lintasan yang dipilih

     

  4. Gambar ( verteks ) yang sudah dipilih akan berubah menjadi verteks semu .
  5. Apabila terdapat lebih dari 1(satu) lintasan yang menghubungkan dua gambar ( verteks ) yang dipilih, maka lintasan yang ditampilkan adalah lintasan yang terpendek dan memuat lebih sedikit edge .
  6. Apabila semua gambar ( verteks ) telah berubah menjadi verteks semu , maka permainan akan masuk ke level selanjutnya dengan aturan yang sama dan sedikit tambahan variasi.
  7. Variasi pada level selanjutnya yaitu gambar ( verteks ) yang sudah terpilih akan digantikan dengan gambar ( verteks ) yang ada di sebelahnya (verteks di sebelah kanan, kiri, atas, atau bawah sesuai dengan levelnya karena tiap level memiliki variasi yang berbeda), dan bila tidak terdapat gambar ( verteks ) lagi maka akan digantikan dengan verteks semu . Berarti dapat dikatakan gambar-gambar ( verteks-verteks ) pada baris atau kolom di sebelah gambar ( verteks ) yang dipilih (yang berada di kanan, kiri, atas, atau bawah sesuai dengan variasi level) akan bergeser ke arah gambar ( verteks ) tersebut.

Untuk mengetahui dan mencoba langsung games di atas, silahkan download pada link berikut tes kejelian mata . Selamat mencoba‼ :D

 

KADEK PARNA BUDIANDANA

G1D007020

FMIPA -MATEMATIKA

About these ads

13 Responses to “Aplikasi Teori Graf Pada Games Kejelian Mata”


  1. January 6, 2011 at 5:32 pm

    wah permainan ksukaan sy ne… cpa yg mao nglahkn sy wekkkkkwekkkk…

  2. 4 Rika
    January 8, 2011 at 7:54 am

    ndak bole komen yaa…??
    sy ndk tw psword… hahaaa..

  3. April 27, 2011 at 2:33 am

    kaka nama game ini apa sih saya pengen tahu???

    tolong jawab ya kk

  4. 8 vbi
    April 28, 2011 at 1:35 am

    kok ga bisa main di laptop ku?? hm, gmna caranya?

  5. 9 atien
    February 3, 2012 at 10:43 am

    wah betull;;;;;;betuulll, permainan ini memang memutar otak, buaat pusing v asiik juga, aqu dah bisa ampe tahap 3 seruu kannnn

  6. 10 Yudit
    April 30, 2012 at 7:25 am

    kok gag bisa dimaenin di windows 7??
    nama game ini aslinya apa yah??

  7. July 22, 2012 at 11:43 am

    windows 7 kok gak bisa yaa ?? ada yg win 7 gak versi gamenya ??

    • September 13, 2012 at 9:57 am

      kalo game gak jalan di windows 7 coba di klik kanan, properties, ganti compatibilitynya jadi win xp sp 2, baru dimainkan..
      insyaallah bisa dimaenin
      (Gamer ikut berbicara :D)
      kalo gitu, artinya kita dah dapet clue tuh, buat nyelesain gamenya, pasangan gambar pasti ada di sebelah dari gambar yang kita pilih, gak mungkin terlalu jauh

  8. 13 efraim
    September 29, 2012 at 8:04 am

    mantap gan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


1_502554913l

Current CO2 Level in the Atmosphere

yang sudah mampir

  • 101,318 gamatika-ers

Kategori Tulisan

No Smoking

Lagi Online

Arsip

January 2011
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: